Monday, November 21, 2011

cara bicara santae . . . .


Berbicara, kenapa menggerakan tangan?

Kenapa  orang kalau bicara, tangannya juga ikut 'bicara'? Bisakah tangannya diam saja dan tidak melakukan apa-apa? ternyata sulit sekali untuk membiarkan tangan diam anteng, begitu yang dikatakan orang yang mempunyai kebiasaan menggerakkan tangan waktu bicara. Kebiasaan ini bukan hanya dilakukan segelintir orang saja, tetapi banyak orang. Kenapa ini terjadi?
Menurut para ahli, menggerakkan tangan selagi bicara merupakan cara yang dipakai untuk membebaskan otak melakukan tugas-tugas lainnya, misalnya mengingat-ingat daftar.
Pada percobaan dengan hampir 100 orang dewasa dan anak-anak, para psikolog di Universitas Chicago, Illinois menemukan bahwa menggerakkan tangan selagi menerangkan jawaban matematika, daya ingat mereka bertambah untuk mengingat-ingat daftar memori sebelumnya mengenai angka dan huruf.
Untuk menentukan kesimpulan ini, hasil tes memori dibandingkan ketika para partisipan boleh menggerakkan tangan dan ketika mereka diminta tidak boleh menggerakkan tangan. Hasil ketika menggerakkan tangan memang lebih baik dibandingkan ketika tidak boleh menggerakkan tangan.
Pada riset terdahulu mengenai gerakan tubuh, para peneliti tahu bahwa menggerakkan tubuh bisa semakin memperjelas makna pembicaraan kepada lawan bicaranya. Nah, kalau sekarang mungkin maknanya bisa membantu membuat informasi, kata Susan Goldin-Meadow dan rekan-rekannya dalam jurnal Psychological Science.
Mereka juga mencatat bahwa tunanetra pun juga menggerakkan tangan ketika bicara dengan pendengar yang juga buta, dan ini tidak sama dengan melambaikan tangan.
Pada tulisan dalam jurnal tersebut, para peneliti juga mengatakan bahwa membuat gerakan tangan sebenarnya bisa mengurangi 'berbagai hambatan' yang dialami pembicara. Menurut mereka, dengan menyentuh bagian otak yang terkait dengan subyek visual dan spatial, maka menggerakkan tangan ketika bicara bisa menambah cadangan memori yang membuat pembicara lebih ingat akan berbagai hal yang terkait dengan pembicaraan tersebut.
"Bagaimanapun mekanismenya, penemuan ini menyarankan bahwa menggerakan tangan bisa membantu membebaskan sumber-sumber kognitif, yang selanjutnya bisa digunakan di manapun," kata peneliti.
Karenanya melarang orang menggerakkan tangan ketika bebicara pada akhirnya bisa merupakan nasihat yang tidak menyehatkan, begitu tambah mereka.

bagaimana dengan anda . . . . ???????

No comments:

Post a Comment