Monday, November 21, 2011

Awet muda dengan cara yg alami



AWET MUDA dengan CARA ALAMIAH


Negara-negara maju sedang menggemaari aneka jamu atau herbs. Di Amerika sendiri, dalam setahun penjualannya mencapai milyaran dolar. Salah satu daya tarik dari jamu tersebut adalah klaim yang menyatakan beberapa bahan alami ini dapat meringankan simpton-simpton penuaan.

Pertanyaannya apakah klaim ini mendapat dukungan ilmiah ? sebagian menganggap klaim ini hanya iklan belaka. Tapi, ternyata ada beberapa jamu yang menujukkan khasiat yang menunjukkan khasiat yang menjanjikan dalam memerangi penuaan. Berikut, beberapa jenis jamu yang biasa membantu kita merasa lebih muda dan melindungi kita dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan penuaan. 

Red clover dan kedelai 

Keduanya mengandung phytoestrogens, senyawa yang terdapat dalam tumbuhan yang meniru estrogen tubuh manusia. Sama seperti estrogen, tampaknya phytoestrogens juga melindungi kita dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan penuaan dan mengurangi beberapa simpton menopause.

Dalam penelitian terbaru di New York University Medical Center, subjek yang diteliti melaporkan , rasa panas dan keringat yang keluar dimalam hari berkurang sampai lebih dari setengah setelah mereka minum kapsul red clover. Selain itu berbeda dengan estrogen sintetik, phytoestrogens dalam red clover tidak memicu pertumbuhan lapisan tipis didalam rahim atau miningkatkan resiko kanker rahim dan kanker endometrial.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Annals of Medicine menduga, orang-orang Jepang yang banyak mengkonsumsi tumbuhan yang mengandung phytoestrogens contohnya kedelai, angka kasus serangnan jantungnya lebih rendah dibanding Amerika. Kasus kanker payudara, kanker rahim dan kanker ovarium juga lebih rendah.

Laporan para ahli dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan menemukan sejenis phytoestrogens kedelai yang memberikan oerlindungan terhadap beberapa penyakit jantung dan kehilangan massa tulang belakang. Tambahkan phytoestrogens dalam susunan menu Anda dengan mengkonsumsi lebih banyak tahu, miso, susu kedelai, flaxseed, chickpea dan miju-miju atau minum suplemen dengan mengikuti aturan pakai yang tepat. 
                  
VITEX (chasteberry) 

Saat marketing manager Judith Galas mulai merasakan peruahan emosi dan rasa panas yang sering menyertai menopause, dokternya menganjurkan pengaobatan dengan jamu yang disebut Vitex. Dalam sebulan symptom itu lenyap. Tampaknya Vitex merayu tubuh memproduksi lebih banyak progesterone yang mengurangi hormon yang meningkatkan pertumbuhan seperti testosteron dan prolacin. Vitex bias dibeli dalam bentuk pil, bubuk dan ekstrak cairan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman pada tahun 1997 menemukan, vitex meredakan berbagai jenis symptom sindrom pramenstruasi. Penelitian di Czech menunjukkan, jamu ini membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit di payudara menjelang menstruasi. 

Alpha-lipoic acid

Salah satu suplemen yang paling menarik minat ini sebenarnya bukan jamu, Alpha-lipoic acid yang aslinya ditemukan di kentang sebenarnya merupakan nutrien yang meningkatkan pertumbuhan. Setiap organisme menggunakannya, tapi, tak ada jamu atau sumber makanan yang punya banyak kandungan nutrien ini., Jadi para ahli membuatnya secara kimiawi.

Dalam sebuah penelitian informal terhadap 35 pria dan wanita, Dr. Nicholas Perricone, assisten klinis professor dermatology di Yale University Medical Center yang membuat cairan tropical Alpha-lipoic acid menemukan, produknya dapat mengurangi garis-garis halus keruta-kerutana dan perubahan lainnya yang berkaitan dengan penuaan dikulit. "Awalnya kami melihat adanya pengurangan inflamasi sehingga sembab dimata menurun" kata Perricone.

Dalam beberapa minggu, lingkaran kehitaman dibawah mata mulai merata. Dalam penelitian lain dengan cairan Alpha-lipoic acid yang lebih pekat, subjek yang diteliti melaporkan bekas parut menjadi lebih samar setelah pemakaian 8 minggu. Berbagai penelitian lainnya menemukan Alpha-lipoic acid juga berkhasiat untuk Jantung.

Lester Packer dari University of California, Barkley menemukan hewanhewan uang menerima suplemen ini dalam makanan mereka tampak lebih cepat pulih dari serangan jantung disbanding yang tidak mendapat suplemen ini. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman pada tahun 1997 menemukan 800 mg Alpha-lipoic acid perhari secara nyata meningkatkan fungsi cardiac diantara orang-orang dengan diabetes. 

Bilberry dan Blueberry


Dalam PD II angkatan udara Inggris menyuruh para pilotnya untuk makan bilberry yang diawetkan sebelum melakukan penerbangan malam, untuk meningkatkan penglihatan. "Didalam retina ada banyak asam lemak tak jenuh. Bagian ini sangan rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas" kata Christopher Hobbs, ahli akupuntur resmi yang juga penulis Herbal Remedies for Dummies. "Tampaknya bilberry terkonsentrasi diretina'. Radikal bebas adalah molekul-molekul yang diproduksi selama proses proses metabolisme.

Dan molekul-molekul ini bias merusak sel-sel. Antioksidan menetralkan molekul-molekul ini. Para ahli sedang meneliti apakah kapasitas antioksidan bilberry bias mencegah degenerasi penglihatan dan penyakit mata lainnya yang berkaitan dengan penuaan. Warna biru tua dari bilberry, blueberry dan huckleberry berasal dari anthocyanidins, flavonoid yang menurut para ahli merupakan khasiat kunci berry. Flavonoid mengurangi inflamasi, hipertensi dan reaksi-reaksi alergi. juga memerangi kuman dan menghancurkan oksidan-oksidan yang berbahaya bagi tubuh.

Ron Prior, Kepala laboratorium phytochemical di US Department of Agriculture Human's Nutrition Research Center on Ageing di Tuft University menduga, berry ini juga bias menjaga agar otak mengkonsumsi dan memproses begitu banyak radikal bebas yang paling rentan terhadap kerusakan oksidatif. Antioksidan dalam blueberry tampaknya bias mengurangi efek penuaan. Sebelumnya mencari pil ekstrak bilberry, periksa dulu rak supermarket Anda. Buah segar mungkin merupakan sumber terbaik. 

Ginkgo biloba


Sejumlah penellitian menemukan, daun pohon ginkgo dapat mengurangi hilangnya ingatan berkaitan dengan penuaan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Perancis pada pertengahan tahun 80-an terhadap 8 wanita yang mendapat 600 mg jamu ini menunjukkan ingatan jangka pendeknya meningkat. Ginkgo juga bisa meningkatkan peredaran darah. Para ahli di Jerman memberi pasien yang menderita ganguan peredaran darah dari kaki 40 mg ginkgo 3 kali sehari. Sesudah 3 bulan, kelompok yang mendapat ginkgo. Yang melaporkan sakit kai juga tidak sebanyak kelompok yang tidak mendapat ginkgo.

Sebuah penelitian diPerancis menemukan jamu ini diduga bias mengobati beberapa jenis kehilangan pendengaran. Penelitian lainnya menunjukkan ginkgo memberikan perlindungan terhadap hilangnya penglihatan akibat komplikasi diabetes. Apakah khasiat ini disebabkan meningkatnya sirkulasi atau karena pengaruh lainnya, sampai saat ini belum diketahui. "Tampaknya jamu ini bisa melindungi mata, pendengaran dan kewaspadaan mental". Khasiatnya bias meningkatkan sirkulasi darah membuat para dokter menganjurkan, yang minum obat aspirin atau obat pengencer darah lainnya harus menghidari ginkgo biloba


No comments:

Post a Comment